29
Des
10

Terapi Sabar

TERAPI SABAR

Oleh : Nazirman

  1. A. Pengertian Sabar

Sabar secara etimologi berasal dari bahasa Arab dari kata-kata shabaro yang berarti tabah hati, menahan dan mencegah, memaksa.25 Secara terminologi sabar adalah menahan diri untuk tetap mengerjakan sesuatu yang disukai oleh Allah atau menghindarkan diri dari melakukan sesuatu yang dibenci oleh-Nya. Dengan kata lain sabar ialah bertahan dalam mengerjakan sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dan menahan diri dari mengerjakan sesuatu yang dilarang oleh-Nya.26

Jadi sabar merupakan kelanjutan tangga spiritual atau stasiun rohani setelah melewati dengan selamat dan sukses pada terapi syukur. Semakin mantap aplikasi syukur seseorang maka akan semakin mudah pula dia dalam menempuh dan melewati lorong-lorong kesabaran.

  1. B. Keutamaan Sabar

Sabar memiliki berapa keutamaan  sebagaimana yang dikemukan oleh Allah dalam berapa ayat-Nya antara lain:

Di dalam al-Qur`an, sebagaimana yang dikemuka-kan oleh Sa`id Hawa, Allah menyebutkan orang-orang yang sabar dengan berbagi sifat dan menyebut kesabaran lebih dari 94 tempat. Bahkan Allah menambahkan keterangan tentang sejumlah derajat yang tinggi dan kebaikan, dan menjadikannya sebagai buah dari kesabaran. Firman-Nya:

“ dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. dan adalah mereka meyakini ayat-ayat kami.( Qs.As-Sajadah :24)

“ dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. dan telah sempurnalah Perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir’aun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka(al-A`raf :137)

“apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. dan Sesungguhnya Kami akan memberi Balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Qs. an-Nahl : 96)

mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka, dan mereka menolak kejahatan dengan kebaikan, dan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka, mereka nafkahkan.( al-Qashash : 54).

 

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Qs. Az-Zumar : 10)

dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. “(Qs. al-Anfal : 46)

“Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda”. (Qs. Ali Imran 125)

 

“mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”. ( al-Baqarah: 157)

Jadi, petunjuk, rahmat dan keberkahan dihimpun untuk orang-orang yang bersabar.27

  1. C. Indikasi Kesabaran

Kesabaran itu  juga memiliki tanda-tanda yang spesifik yang dapat dilihat dan dirasakan oleh orang-orang yang memilikinya. Adapun indikasi itu adalah sebagai berikut:

    1. Tidak pernah gelisah, resah dan mengeluh atas musibah yang dihadapi.
    2. Tetap optimis dan berbuat walau dipandang agak membosankan.
    3. Mampu  menendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi.
    4. Santun dan berlapang dada dalam menyikapi berbagai masalah yang dating menghadang
    5. Meninggalkan syahwat
    6. Ridha dengan apa yang ditetapkan Allah
    7. Memiliki keceriaan dalam menjalani hidup
    8. Suka berbuat baik kepada orang lain
    9. Menahan diri untuk tidak menyakiti hati orang lain
    10. Tidak gampang berputus asa
  1. D. Buah Kesabaran

Orang-orang yang mampu melakukan dan menjadikan  sabar menjadi bahagian karateristik pribadi atau sudah menjadi sikap dan gaya hidup dalam menjalani kehidupan akan membuahkan hasil yang menakjubkan. Adapun buah dari kesabaran itu adalah:

    1. Selalu disertai oleh Allah dalam berbagai situasi dan kondisi( Qs.al-Baqarah : 153)
    2. Selalu mendapatkan balasan yang lebih baik dari apa yang dikerjakan dengan penuh kesabaran (Qs.an-Nahl : 96).
    3. Diberikan kecukupan tanpa batas(Qs.az-Zumar : 10)
    4. Dinaungi oleh 5000 malaikat (Qs.Ali Imran: 125)
    5. Diberkahi, disayangi dan diberi petunjuk (Qs. al-Baqarah : 157).
    6. Mendapat lisensi tentang kebenaran iman dan ketakwaannya di sisi Allah (Qs.al-Baqarah : 177)
    7. Lahirnya  kepribadian yang mukhlis
  1. E. Proses Terapi Sabar

Sabar sebagai terapi dapat diterapkan melalui berberapa langkah antar lain:

    1. Menyadari dan memahami  bidang kesabaran; apakah dalam ketaatan,  dalam menghadapi musi-bah atau mengendalikan diri dalam proses tidak terjebak oleh kemasiatan.
    2. Memahami dan menyadari serta membina keyakinan betapa mulianya kepribadian orang yang sabar serta hasil yang diperoleh kalau mampu hidup dalam kesabaran (Musibah yang datang sebagai ujian, teguran, serta pelipur dosa bagi orang mukmin). Sadarkan diri, mungkin hari ini sedang diuji, ditegur karena lalai, atau dibersihkan karena dosa.
    3. Tetap optimis dan yakin dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dan Allah bersama orang-orang yang sabar. Setiap orang yang beriman pasti akan diuji dengan berbagai ujian; diujui dengan kekwatiran, kelaparan, keterbatasan diri, keku-rangan harta dan kehilangan orang-orang yang dicintai, keterbatasan persedian stok makanan dan sebagainya.
    4. Tidak banyak mengeluh kepada sesama manusia, malah mengeluh kepada Allah.
    5. Banyak belajar kepada orang-orang terdahulu seperti menthala`ah qisasul anbiya` dan orang-orang sukses yang sudah melewati kegetiran hidup dengan kesabaran.
    6. Selalu mengikutsertakan Allah dalam kehidupan.
    7. Senantisa menjadikan lafadz ya sabur ya syakur menjadikan bacaan dan kebiasaan sehingga seolah-olah serasi, segerak dengan gerakan nafas dan gerak nadi sebagai anti virus kehidupan
    8. dll

25 Al-Munawwir, op.cit. h. 760

26 op.cit. h. 348

27 Sa`id Hawwa, op.cit, h. 370-371


0 Responses to “Terapi Sabar”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Desember 2010
S S R K J S M
« Apr    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

JENDELA HATI


%d blogger menyukai ini: