26
Apr
10

MENOLONG

Menolong, minta dan member pertoongan daam hidup merupakan sebuah kebutuhan jiwa dan panggilan nurani. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang bisa meepaskan diri dari dua hal tersebut. Menolong juga merupakan fitrahnya manusia dan sebaik-baiknya manusia. Rasuullah SAW mengingatkan pada kita bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang laiinya. Dikutkan lagi dengan hadis Qudsi “ Sesunggunya Allah akan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya selagi hamba-Nya itu mau menolong  saudaranya.

Banyak cara dan langkah untuk menolong orang lain kalau kita mau meakukannya. Menolong dengan apa yang bisa diperbuat. Sikaya akan menolong saudaranya yang lemah dengan menyisihkan bagian dari kekayaannya. Sikuat akan menolong saudaranya dengan sisa-sisa kekuatannya. Sipandai akan menolong saudaranya dengan sisa-sisa kecerdasannya begitu seterusnya.

Dalam kehidupan besar kecendrungan hidup kita untuk minta pertolongan disbanding memberikan pertolongan itu. Banyak kemungkinan factor pemicu mengapa begitu sulit bagi kita untuk melakukannya. Mungkin kesulitan itu muncul karena kita tidak pernah berpengalaman betapa indahnya member pertolongan itu.

Untuk menolong, memang dibutuhkan suatu kesadaran tentang hakikat tolong menolong itu. Pada hakikatnya secara zahiri kita menolong orang lain sesuai dengan apa yang dimintanya dan besarnya pertolongan serta bentuknya pada orang lain. Secara batini sesungguhnya kita tidak lebih memberikan pertolongan untuk diri kita sendiri. Oleh karena itu jangan pernah kikir untuk memberikan pertolongan walau hanya berupa idea tau menunjukkan jalan bagi orang-orang tersesat. Marai pula sejenak kita telusuri perjalanan hidup kita ketika kita berada dalam kesulitan dan siapakah yang meringankannya? Apahakah tida ada kaitannya dengan deposito kebaikan berupa pertolongan yang kita berikan kepada orang lain pada masa-masa lalu yang telah terupakan?.  Berbuat baiklah, tolonglah orang lain dengen sungguh-sungguh dan jangan pernah berharap yang ditoong itu  akan mengantinya. Suatu waktu dan entah kapan pertolongan yang kita butuhkan akan mengalir dari tangan-tangan yang lain yang tidak pernah kita duga sama sekali.


0 Responses to “MENOLONG”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


April 2010
S S R K J S M
    Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

JENDELA HATI


%d blogger menyukai ini: